Laman

Aisyiyah Sungai Rotan Batagak Kudo-kudo Mushalla Aisyiyah

0 komentar

Pariaman, SSFM

Pimpinan Ranting Aisyiyah (PRA) Sungai Rotan Kecamatan Pariaman Selatan akan mengadakan Batagak Kudo-kudo pada Hari Senin 6 april 2009 mendatang. acara yang dimulai pukul 10.00 wib s.d. selesai tersebut, mengundang tokoh-tokoh masyarakat Bungo Tanjung, diantaranya Ketua KAN Sungai Rotan Dt. Asmuni Tumanggung Basa, Ketua LPM Bungo Tanjung, Irrianto, ST, Sekretaris BPD Bungo Tanjung, Burhanuddin, Ketua Karang Taruna Bungo Tanjung, Idham Fadli dan Kapalo Mudo Bungo Tanjung, Syafei.

Sekretaris Pimpinan Wilayah (PWM) Sumatera Barat, Drs. H. Adrian Muis menjelaskan, bahwa PWM Sumatera Barat merasa bangga dengan aktivitas dan kreativitas ibu-ibu di ranting-ranting Muhammadiyah yang tetap mempunyai keinginan yang menggebu-gebu dalam mengamalkan ajaran islam. [Insert] Selain itu Adrian Muis juga menambahkan bahwa dengan banyaknya tokoh masyarakat yang hadir dalam acara tersebut, menunjukkan bahwa warga aisyiyah telah membuat jaringan sosial dan keberadaan aisyiyah diterima oleh masyarakat sebagai sebuah lembaga yang turut memberikan pencerahan kepada kaum ibu di Sungai Rotan.

Sementara itu, sekretaris pimpinan Ranting Aisyiyah Sungai Rotan, Sumiarti Muis, Amd, menjelaskan bahwa pada malam harinya, di Mushalla Aisyiyah tersebut juga akan diadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw dengan penceramah Muhammad Dikyanus, SPd. (FH)

IMM LUNCURKAN GERAKAN NASIONAL PEMILIH KRITIS

0 komentar

Padang, SSFM

Sebagai bentuk tanggungjawab moral sebagai kaum intelektual muda penerus cita-cita dan manhaj muhammadiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) meluncurkan program Gerakan Nasional Pemilih Kritis. Program sebagai bentuk pendidikan bagi pemilih pemula tersebut di koordinatori oleh Dewan Pimpinan Pusat dan dilaksanakan oleh Dewan Pimpinan Daerah IMM Se-Indonesia.

Beberapa pesan moral yang disampaikan oleh IMM dalam bentuk sticker tersebut, mengajak pemilih untuk memberikan hak pilih secara kritis agar terpilih anggota legislatif yang bersih dan berkualitas. Beberapa isi pesan tersebut adalah:
1. Pilih calon legislatif yang tidak tidak korupsi
2. Pilih calon legislatif yang tidak inkar janji
3. Pilih keterwakilan perempuan
4. Jangan pilih calon legislatif perusak lingkungan
5. Jangan pilih calon legislatif pelanggar HAM
6. Jangan pilih calon legislatif politisi busuk.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah IMM Sumatera Barat, Immawan Deri Rizal menjelaskan, bahwa pemilu adalah proses demokrasi yang perlu dikawal oleh semua yang peduli. Lebih-lebih oleh angkatan muda seperti IMM. Maka IMM mengajak semua element masyarakat untuk memilih secara bijak dan cerdas (FH).

UMY dan Bawaslu Ciptakan KKN Tematik

0 komentar

Yogyakarta- Muhammadiyah.or.id

Proses pemantauan jalannya agenda pemilihan umum (Pemilu) saat ini bukan menjadi tanggung jawab Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) semata, namun juga merupakan bagian dari kebutuhan masyarakat dalam mewujudkan Pemilu yang jujur, adil, terbuka, dan mandiri. Oleh karenanya, masyarakat sudah saatnya turut berpatisipasi aktif dalam pengawasan Pemilu 2009 mendatang.

Hal tersebut dikemukakan Ketua Program KKN Tematik UMY Pengawasan Partisipatif Pemilu, Nanik Prasetyoningsih, S.H., M.H dalam “Workshop dan Training Of Trainer KKN Tematik UMY Pengawasan Pemilu”, Selasa (17/03/2009) malam di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta.

Sebagai pribadi yang nantinya menjadi bagian dari masyarakat, Nanik mengungkapkan, mahasiswa dituntut untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan yang melibatkan masyarakat, termasuk diantara kegiatan tersebut adalah Pemilu. Dalam KKN Tematik ini, mahasiswa akan menjadi mitra Pengawas Pemilu Lapangan dengan melakukan pencatatan kejadian yang mereka temui sebelum, saat, dan sesudah pemilu legislatif 2009 mendatang.

Nanik menambahkan selama ini tugas yang diemban Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) dinilai cukup berat mengingat mereka harus melakukan pengawasan pemilu ke banyak area, termasuk di banyak Tempat Pemungutan Suara (TPS. Untuk itu, dengan KKN Tematik, mahasiswa diharap mampu mendampingi PPL dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawas. (mac)

Gedung Dakwah Aisyiah Pariaman diresmikan

0 komentar

Pariaman, SSFM

Pemakain Gedung Dakwah Cabang Aisyiyah Pariaman Tengah telah dibuka secara resmi oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat, Drs. H. RB. Khatib Pahlawan Kayo pada hari Minggu 29 Maret 2009. Pada sambutannya, RB Khatib mengharapkan agar gedung dakwah aisyiyah ini bisa dimanfaatkan untuk menunjang dakwah aisyiyah. Gedung ini harus menjadi media dakwah yang tidak hanya pengajian, tetapi juga menjadi media dakwah di segala lini, baik itu dakwah ekonomi, dakwah pendidikan ataupun dakwah kesehatan.
[Insert]

Gedung dakwah yang dibangun dengan 2 lantai tersebut adalah bantuan dari Gubernur Sumatera Barat, Walikota Pariaman, Bupati Padang Pariaman, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat dan donatur-donatur lain baik dari Sumatera Barat dan Jakarta. Gedung yang menjadi kebanggaan Aisyiyah-Muhammadiyah Pariaman ini, adalah yang pertama di Sumatera Barat. Telah dimulai sejak 10 tahun yang lalu. Total Anggaran yang telah dihabiskan adalah Rp. 275.211.950.

Pada kesempatan tersebut juga hadir Asisten II Kota Pariaman, pada kesempatan tersebut, pesan yang disampaikan oleh Walikota Pariaman adalah bahwa kedepan gedung ini akan menjadi gedung yang akan dipakai dalam diklat-diklat yang diadakan oleh Pemerintah Kota Pariaman. Karna gedung-gedung tersebut termasuk langka di Kota Pariaman.(FH)

Pelatihan Advokasi Anggaran Maarif Institut ditutup

0 komentar


Padang, SSFM

“Seringkali penyusunan anggaran yang dilakukan oleh para wakil rakyat tidak berpihak kepada masyarakat miskin. Hal ini harus menjadi perhatian serius dari kalangan generasi muda agar kebijakan anggaran lebih memperhatikan masyarakat miskin” Hal ini disampaikan oleh koordinator Maarif Institut Sumatera Barat, Musfir, pada saat menutup secara resmi acara pelatihan Advokasi Anggaran dan Kebijakan oleh Maarif Institut Sumatera Barat pada hari Minggu 29 Maret 2009 di Balai Diklat Industri Padang.

Acara tersebut diikuti oleh 35 peserta utusan dari berbagai lembaga, diantaranya; MUI, Muhammadiyah, LDNU,IKADI, dan OKP/OKPI Se-Sumatera Barat. Pada akhir penutupan tersebut, semua peserta juga antusias untuk membentuk sebuah lembaga independent yang akan mengawal proses penyusunan anggaran di daerah Sumatera Barat. Meskipun lembaga tersebut belum mempunyai nama, nama sudah terbentuk kepengurusan. Sebagai koordinator adalah M. Rifki Abror Ananda dari MUI Sumatera Barat dan sebagai Sekretaris adalah Syofyan Hadi dari LDNU.

Sementara pada sela-sela kesibukan, M. Rifki coordinator alumni pelatihan ini mengharapkan dengan pelatihan bisa menelitik dan membantu pemerintah daerah menyukseskan program pemerintah dalam mensejahterakan rakyat. [Insert] Selain itu, M Rifki menambahkan, bahwa dalam menambah efektifitas kinerja, Maarif Institut juga membuka pintu seluas-luasnya untuk LSM atau Ormas yang peduli untuk bekerja sama dengan Maarif Institut.(FH)

Penyelamatan Lingkungan Melalui Pendidikan

0 komentar

Yogyakarta – Muhammadiyah.or.id

Lembaga Lingkungan Hidup (LLH) Pimpinan Pusat Muhammadiyah melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional dan Pelatihan Energi Terbarukan, yang dilaksanakan di Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jum’at – Ahad, tanggal 27 – 29 Maret 2009.

Menurut Ketua LLH PP Muhammadiyah, Muhjidin Mawardi Rakornas ini bertujuan untuk melakukan sharing pengalaman pengelolaan lingkungan hidup diberbagai tempat sekaligus mengkoordinasikan kemitraan antara berbagai komponen di Muhammadiyah dalam berbagai kegiatan pengelolaan lingkungan hidup.

Rakoornas kali ini mengambil tema “Penyelamatan Lingkungan Melalui Green School” yang diharapkan melahirkan konsep pendidikan lingkungan hidup bagi kepentingan umat dan bangsa.(Md)

Maarif Institut Sumatera Barat Menggelar Pelatihan Advokasi Anggaran

0 komentar

Padang, SSFM

Sebagai komitmen untuk turut andil dalam mewujudkan Indonesia yang sejahtera dan berkemajuan melalui tata pemerintahan yang baik dan demokratis, Maarif Institute Sumatera Barat menggelar pelatihan Advokasi Anggaran.

Acara yang dimaksud akan diadakan di Balai Diklat Industri Padang (belakang Pasar Tabing, Samping ATIP) pada hari Kamis - Ahad tanggal 26-29 Maret 2009. Sedangkan yang akan menjadi peserta adalah utusan ormas, organisasi kepemudaan, wartawan, caleg DPRD, organisasi perempuan tingkat sumatera Barat.

Menurut Koordinator Maarif Institut Sumatera Barat, Musfir BA, yang menjadi tujuan utama dalam pelaksanaan program ini adalah; meningkatkan kekuatan dan kapasitas ormas kepemudaan dan organisasi perempuan di tingkat Provinsi Sumatera Barat dalam mengawasi proses perumusan dan implementasi anggaran daerah terutama dalam hal penanggulangan kemiskinan (FH)

Kepala SMP 7 Muhammadiyah Definitif dilantik

0 komentar

Padang, SSFM

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Padang akan melantik M. Fikar SAg sebagai Kepala SMP 7 Muhammadiyah Defenitif periode 2009-2014. M Fikar SAg ini menggantikan Drs. Isrul Husein karena yang bersangkutan mengundurkan diri sebagai konsekwensi karena ikut dalam pesta demokrasi 2009 sebagai calon legislative dari Partai Matahari Bangsa no. urut 1 Daerah Pemilihan Padang III.

Acara pelantikan yang akan dihadiri oleh Camat Kuranji tersebut, dilaksanakan di Mesjid Raya Nurul Hasanah, Jalan Teduh Kuranji Kel. Korong Gadang (Depan MTsN Kuranji) pada Hari Jumat 27 Maret 2009, dimulai pukul 13.00 Wib sampai selesai. Pada acara yang sama juga akan diadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Pauh IX juga mengundang keluarga besar dan tokoh masyarakat Pauh IX.

Kepala SMP 7 Muhammadiyah terpilih, M Fikar mengharapkan kerja sama dari semua pihak, baik itu pihak sekolah , PDM dan pemerintah untuk bersama-sama memajukan pendidikan, khususnya di sekolah Muhammadiyah ini. Karena Muhammadiyah sejak awal berdirinya sudah menjadikan pendidikan sebagai bagian dari gerakannya (FH).

SDI Al Azhar Muhammadiyah Simabur Diresmikan

0 komentar


Batusangkar, SSFM

Pada Hari Senin tanggal 23 Maret 2009 kemarin, telah diresmikan Sekolah Dasar Islam (SDI) Al Azhar Muhammadiyah Simabur, Batu Sangkar. Sekolah yang berlokasi kurang lebih 500 m sebelum pasar Simabur sebelah kiri tersebut, telah dibangun sebanyak sembilan ruang kelas dilengkapi dengan sarana dan prasarana. Pembangunan sekolah tersebut adalah bantuan dari BUMN-BUMN di Sumatera Barat yang dihimpun melalui Permodalan Nasional Madani (PNM) Sumatera Barat senilai Rp. 1,2 Milyar

Wakil Ketua Pimpinan Wilayah (PWM) Sumatera Barat, Mirwan Pulungan, MPd menjelaskan, bahwa sekolah tersebut dibangun kembali setelah sekolah yang lama rusak parah terkena musibah bencana gempa pada tahun yang lalu. Sekolah yang baru tersebut dibangun dengan kontruksi baja ringan dan tahan gempa. Sekolah tersebut tidak dibangun dilokasi awal terkena gempa, tetapi dipindahkan ke lokasi yang baru, di atas tanah wakaf dari keluarga Syamsu Djalal.

Pada acara yang dihadiri oleh 300-an keluarga Muhammadiyah Tanah Datar tersebut, juga turut hadir Staf Ahli Bidang Kesra Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, dr. Fakhruddin, beberapa Anggota DPRD Sumatera Barat, beberapa Anggota DPRD Tanah Datar, dan tokoh masyarakat Tanah Datar. Pada kesempatan tersebut juga terkumpul dana Rp 5 Juta dan 74 Zak Semen untuk pembangunan mushalla sekolah(FH).

PW IPM Sumbar ikuti Regional Meeting

0 komentar

Padang, SSFM

Dalam rangka persamaan persepsi antar kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) se-Indonesia dan perumusan langkah-langkah strategis IPM, Pimpinan Pusat IPM menggelar regional meeting. Regional meeting ini dibagi kepada 3 zona, regional I untuk pulau Sumatera, regional II untuk pulau jawa dan bali dan Nusa Tenggara, regional III untuk pulau Kalimantan, Sulauwesi, Maluku dan Papua.

Regional Meeting untuk zona I akan diadakan pada hari Kamis-Rabu 26-28 Maret 2009 di Balai Pelatihan Kesehatan, DInas kesehatan Provinsi Riau, Jalan HR. Soebrantas, Panam, Pekan Baru, Riau. Regional Meeting Zona I ini akan diikuti oleh Pimpinan Wilayah IPM se-Sumatera, yaitu; PW IPM Nanggro Aceh Darussalam, PW IPM Sumatera Utara, PW IPM Sumatera Barat, PW IPM Riau, PW IPM Jambi, PW IPM Sumatera Selatan, PW IPM Bengkulu, PW IPM Lampung, PW IPM Bangka Belitung, PW IPM Kepulauan Riau.

Acara yang mengambil tema “IPM Menuju gerakan pelopor advokasi pelajar yang berkemajuan” tersebut akan dibuka langsung oleh mentri kesehatan republik Indonesia, Siti Fadilah Supari. PW IPM Sumatera Barat akan mengutus Ilham JN (Ketua), Rafiqul Amin (Sekretaris), Dafri Harweni (Bendahara), Joni (Ketua Bidang Organisasi) dan Ahmad Lahmi (Anggota Bidang Pengkajian dan Ilmu Pengetahuan).

Sekretaris PW IPM Sumbar, Rafiqul Amin menjelaskan bahwa pada momentum tersebut, agenda yang akan dibicarakan adalah langkah-langkah strategis dari seluruh kader IPM pasca perubahan nama dari IRM. Selain itu juga membentuk Koordinator IPM untuk regional Sumatera(FH).

Kampanye Parpol Masih Kurang Mendidik

0 komentar

Jakarta-Muhammadiyah.or.id

Kampanye yang dilakukan parpol peserta pemilu 2009, dianggap masih kurang mendidik dan terkesan mempunyai gaya yang sama dengan kampanye-kampanye pada tahun sebelumnya. Demikian disampaikan sekretaris PP Ikatan Pelajar Muhammadiyah Virgo Sulianto Gohardi dalam menganggapi aksi-aksi kampanye partai pada putaran pertama, Senin (23/03/2009).


Menurut Virgo, gaya kampanye para peserta pemilu 2009, tak ubahnya seperti kampanye-kampanye pada tahun sebelumnya, yang masih di warnai pengerahan massa, panggung hiburan dan orasi-orasi politik. Virgo menambahkan, bahwa kampanye saat ini tak ubahnya seperti kampanye tahun sebelumnya, yang masih kurang memberikan unsur pendidikan politik yang mencerdaskan, saling ejek diantara kandidat Presiden serta parpol, ditambah aksi panggung hiburan yang didominasi musik-musik yang menampilkan gaya-gaya erotis penyanyinya, sampai pada diikutsertakannya anak-anak dalam kampanye. Hal ini jelas bukan merupakan hal yang dapat memberikan efek positif bagi perpolitikan Indonesia saat ini.


Lebih lanjut menurut Virgo, sisa hari kampanye ke depan, diharapkan partai politik untuk mengevaluasi gaya kampanyenya, dengan tidak melibatkan anak-anak, serta panggung erotis lagi, dan lebih menampilkan sisi-sisi edukasi bagi rakyat pemilih, sehingga rakyat tidak buta dengan arah dan tujuan suatu partai politik. (mac)

PWA Sumatera Barat Tabligh Akbar

0 komentar


Padang, SSFM

“Menghadapi musim kampanye dan pemilu 2009, “Aisyiah harus cerdas memberikan hak pilihnya. Selain itu warga aisyiyah juga dituntut berperan aktif memberikan ketenangan kepada para calon legislative, agar jika mereka tidak terpilih sebagai anggota legislative tidak menjadi stress” hal itu disampaikan oleh Prof. Hj Siti Chamamah di hadapan ribuan ibu-ibu aisyiyah di Mesjid Taqwa Muhammadiyah Padang.

Acara tabligh akbar dalam rangka pengajian aisyah tingkat wilayah yang digelar oleh pimpinan wilayah Aisyiyah Sumatera Barat ini, dihadiri oleh ibu-ibu Aisyiyah dari seluruh unsur pimpinan dan simpatisan se-Sumatera Barat. Dalam kesempatan itu juga hadir Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh walikota padang, H. Fauzi Bahar, MSi dan Plt Sekko Padang, Emzalmi, MSi, Siti Chamamah menekankan, agar warga Aisyiyah harus mewaspadai bahwa bencana besar bisa datang dari televisi. Oleh karena itu Siti Chamamah mengajak ibu-ibu Aisyiyah menggencarkan program “TV Sehat” sebagai sarana proteksi keluarga terhadap pengaruh buruk televisi dalam rangka mencapai keluarga sakinah mewujudkan generasi berkualitas. (FH)

HMJ Ekonomi Islam menggelar seminar ekonomi islam

0 komentar

Padang, SSFM

”Para pakar ekonomi kapitalis sudah menemukan jalan buntu dalam menyelesaikan permasalahan krisis global ini, maka ekonomi islamlah yang akan memberikan solusi yang lebih mencerahkan untuk perekonomian dunia, khususnya indonesia”. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Poempida Hidyatullah pada acara seminar sehari di aula IAIN Imam Bonjol Padang dengan tema ” Solusi ekonomi islam dalam menghadapi krisis global dan peranan zakat dalam mengatasi kemiskinan”

Acara seminar yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam IAIN Imam Bonjol Padang ini menghadirkan Dr. Poempida Hidayatullah dan Ir. Indra Catri, MSp sebagai narasumber.

Acara ini dilaksanakan pada hari sabtu, 21 Maret 2009 ini dihadiri oleh mahasiswa utusan dari IAIN Imam Bonjol, Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang dan Universitas Bung Hatta. Semua peserta antusias mengikuti jalannya seminar dan memberikan partisipasi aktif sehingga suasana seminar semakin hidup. (DZ)

PMB Kampanye Terbuka

0 komentar


Padang, SSFM

Memaksimalakan persiapan jelang pemilu 2009, Partai Matahari Bangsa (PMB) menggelar Kampanye terbuka pada Hari Senin 23 Maret 2009 di Lapangan PJKA Simpang Haru Padang. Ribuan kader partai berlambang matahari merah tersebut mengikuti kegiatan kampanye dibawah terik matahari dengan penuh antusias sejak pukul 13.00 sampai pukul 16.00 Wib.

Kegiatan kampanye terbuka ini menghadirkan juru kampanye nasional, Drs. H Imam Ad Daruqutni, MA, Ketua Umum Pimpinan Pusat PMB. Dalam orasinya, Imam menyampaikan, bahwa anak-anak bangsa harus mau berubah. Mereka adalah calon pemimpin bangsa. Untuk masyarakat indonesia, tidak cukup hanya memberikan harga-harga yang murah, tetapi juga harus diberikan pekerjaan agar mereka bisa memenuhi kebutuhan pokok mereka.

Untuk memenuhi harapan tersebut, Imam menambahkan, masyarakat harus mau merubah cara pandang mereka. Kalau biasanya memilih partai tertentu, sekarang sudah ada partai baru, Partai Matahari Bangsa.

Diakhir detik-detik kampanye, para peserta yang telah dihibur oleh group Gambus Nur Khairat, semakin semangat dengan tampilnya Nedi Gampo, artis minang yang punya kepedulian terhadap budaya dan adat minang. (FH)

Festival Ekonomi Syariah hari ini ditutup

0 komentar

Padang, SSFM

Memeriahkan penutupan Festival Ekonomi Syariah (FES) II tahun 2009, Bank Bukopin Syariah mengadakan lomba puisi tingkat Taman Kanak-Kanak. Acara FES sebagai promosi dan sosialisasi produk dan lembaga syariah di sumatera barat ini, dibuka langsung oleh gubernur Sumatera Barat pada hari Kamis 19 maret yang lalu. FES yang dipusatkan di Gedung Bagindo Aziz Chan Padang dan ditutup sore ini, sabtu 21 Maret 2009.

Berbagai lembaga syariah pada sektor riil dan sektor keuangan, memadati lokasi stand yang disediakan oleh panitia. Pada sektor riil diantaranya; produk makanan, produk pakaian, buku islami dan perlengkapan keluarga. Sedangkan pada sektor keuangan diantaranya; perbankan syari’ah, asuransi syariah, koperasi syariah, Baitul Maal wat Tanwil.

Kendati pengunjung masih terlihat ramai, namun menurut Nofriyandi.R, seorang petugas di stand PKPU disana menjelaskan, bahwa para pengunjung sudah berkurang dari 2 hari sebelumnya.

PMB Kampanye Terbuka

0 komentar


Padang, SSFM

Partai Matahari Bangsa (PMB) mendapat giliran melakukan kampanye terbuka pada hari senin 23 Maret 2009 mendatang bertempat di lapangan PJKA Simpang Haru Padang. Kegiatan kampanye ini akan dihadiri oleh juru kampanye nasional PMB. Diantaranya Imam Ad Daruqutni Ketua Umum DPP PMB dan Endang Tirtana Ketua DPP PMB.

Puluhan ribu kader partai berlambang matahari merah tersebut juga kan dihibur oleh artis-artis kota padang yang peduli dengan budaya minangkabau, mereka adalah; Nedi Gampo, Guslian, Leni Paslah dan orkes gambus Nur Khairat.

Ketua panitia pelaksana, Ki Jal Atri Tanjung mengatakan, bahwa walaupun baru pertama kali ikut sebagai kontentan pemilu di tahun ini, Jal Atri optimis PMB sudah mendapat tempat dihati masyarakat sebagai partai alternatif memperjuangkan aspirasi masyarakat luas.

Pengurus Koperasi BMT Taqwa diserahterimakan

0 komentar


Padang, SSFM

Hari ini Jumat 20 Maret 2009, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Barat melakukan serahterima jabatan koperasi BMT Taqwa dari pengurus lama kepada pengurus baru peiode 2009-2012. Serah terima pengurus koperasi yang mempunyai 20 orang karyawan, 4 kantor cabang dan asset + 7 M tersebut digelar di Aula Mesjid Taqwa Muhammadiyah, dihadiri oleh seluruh pengurus koperasi dan penasehat PWM Sumatera Barat, Prof. Nuranas Djamil

Pemberhentian pengurus lama dan pengangkatan pengurus baru Koperasi BMT tersebut dituangkan dalam sebuah Surat Keputusan No.101/KEP/II.0/2009. Dalam surat keputusan tersebut, menunjuk Drs. Mirwan Pulungan. MPd, sebagai ketua menggantikan Drs. H. M Zen Gomo, dibantu oleh Drs. Amora Lubis sebagai wakil ketua, Yuzardi Ma’ad LC sebagai sekretaris. Untuk mengawasi jalannya BMT juga ditunjuk Badan Pengawas, Gazali Nazir sebagai ketua, Salman M Nur dan Musfir sebagai anggota.

Dalam sambutannya, ketua koperasi BMT Taqwa yang baru, Drs. Mirwan Pulungan, MPd memaparkan beberapa rencana strategis pengembangan koperasi BMT Taqwa kedepan, diantaranya; Penataan keanggotaan, pengembangan usaha swalan dan minimarket, penataan administrasi dan organisasi, peningkatan dan pengembangan Manajemen Anggota, peningkatan kesejahteraan karyawan.

Sementara ketua PWM Sumatera Barat, H. RB Khatib Pahlawan Kayo dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada pengurus lama. Meskipun sudah tidak menjadi pengurus koperasi, RB Khatib mengharapkan agar potensi dan kerja keras masih tetap diharapkan. Seayun selangkah dalam barisan Muhammadiyah demi kemajuan persyarikatan dan kemajuan Islam.

PC IMM Kota Padang Gelar Aneka Lomba

0 komentar


Padang, SSFM

Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang ke-45 tingkat Kota Padang, Pimpinan Cabang IMM Kota Padang menggelar lomba cerdas cermat dan debat mahasiswa. Kegiatan lomba yang akan diselenggarakan akhir bulan Maret ini, akan diikuti oleh pimpinan komisariat IMM Se-Kota Padang, 5 komisariat di IAIN, 2 Komisariat di Unand, 1 komisariat di UNP, 1 komisariat di UMSB, dan 1 komisariat di PGTK/PGSD ’Aisyiyah.

Pada acara puncak kegiatan yang akan digelar di Aula Mesjid Taqwa Muhammadiyah ini, akan mengangkat dialog, refleksi 45 tahun IMM dengan mengundang 3 orang mantan ketua umum PC IMM Kota Padang periode yang lalu. Mereka adalah Syamsurizal, SHi, ketua umum periode 2002-2004, Nasrul A, MM ketua umum periode 2004-2006 dan M. Irsyad, SHi, ketua umum periode 2006-2008.

Ketua Umum PC IMM Kota Padang, Immawan Meki Nofendra mengharapkan, momentum 45 tahun IMM ini menjadi pembakar semangat 45 bagi seluruh kader IMM untuk berbuat lebih baik lagi di masa mendatang.

PDM Padang larang pembangunan BTS Axis.

0 komentar

Padang, SSFM

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Padang melarang pelaksanaan pembangunan BTS Axis yang dikerjakan oleh PT. Natrindo Telepon Seluler. Larangan tersebut dituangkan dalam sebuah surat yang dilayangkan ke pihak perusahaan, tertanggal 10 Rabiul Awal 1430 H bertepatan tanggal 07 Maret 2009. Surat tersebut juga ditembuskan kepada instansi terkait, diantaranya:
1. PP Muhammadiyah
2. PW Muhammadiyah Sumatera Barat
3. Walikota Padang
4. DPRD Kota Padang
5. Kapoltabes Kota Padang
6. Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan Kota Padang
7. Dinas Bapedalda Kota Padang

Larangan tersebut dikeluarkan oleh PDM Kota Padang karena pembangunan BTS tersebut akan dilaksanakan di lantai III Mesjid Ukhuwah Muhammadiyah Simpang Haru. Selain itu majelis guru, karyawan dan siswa SMK Muhammadiyah 1 serta pemilik toko di kompleks mesjid tersebut juga menolak pelaksanaan pembangunan BTS tersebut.

Ketua PDM Kota Padang, Dr. Ir. H. Alidinar Nurdin menjelaskan, bahwa Mesjid Ukhuwah adalah aset persyarikatan Muhammadiyah yang menurut Anggaran Dasar Muhammadiyah Bab XI pasal 35, 36, 37 dan Anggaran Rumah Tangga Muhammadiyah pasal 34 dan 35 bahwa untuk penggunaan /pemanfaatan aset oleh pihak III harus mendapat persetujuan dari PP Muhammadiyah.

PBB Sumbar Gelar Kampanye Akbar

0 komentar


Agam, Singgalang

Kampanye Akbar Partai Bulan Bintang (PBB) Sumatera Barat sesuai jadwal yang diberikan oleh KPU akan berlangsung pada Hari Sabtu tanggal 21 Maret 2009 mendatang di Pasar Amur Kabupaten Agam pukul 14.00 Wib sampai pukul 16.00 Wib.

Kampanye akbar tersebut kata ketua DPW PBB, Ir. H. Djonimar Boer akan dihadiri oleh ketua Umum DPP PBB, DR. H. MS Ka’ban. Sekitar 10 ribu massa pendukung partai berlambang bulan dan bintang tersebut diperkirakan akan tumpah ruah di pasar tersebut.

Dalam kampanye itu, lanjutnya Djon, tetap akan dikedepankan bahwa seluruh sendi kehidupan ini berdasarkan syariat Islam. Karena dengan itulah kondisi negera yang sedang dalam kesulitan ini mampu dipecahkan dan dicarikan solusinya.

Kepada para kader, simpatizan dan para caleg yang akan menghadiri Kampanye Akbar, Djon berpesan untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Jangan ugal-ugalan yang akan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

PAN Kampanye Akbar

0 komentar


Padang, SSFM

Memasuki hari ke-3 masa kampanye pemilu 2009, giliran ribuan kader Partai Amanat Nasional (PAN) memadati Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol Padang. Kampanye Akbar PAN ini digelar hari Kamis, 19 Maret 2009 pukul 14.00-16.00 Wib.

Pada kesempatan tersebut hadir Walikota Padang, H. Fauzi Bahar, MSi, sebagai ketua DPD PAN Kota Padang, Ketua DPW PAN Sumatera Barat, H.M Asli Chaidir, Ketua DPP PAN, Sutrisno Bachir dan Bapak Reformasi Republik ini, Prof. Amien Rais.

Dalam orasinya, Amien Rais mengatakan, bahwa PAN adalah partai yang mengunggulkan prestasi, amal sholeh dan kerja nyata. Dari itu, Amien mengajak semua warga untuk optimis memenangkan pemilu 9 April mendatang. Kegiatan kampanye yang dihibur oleh Group musik Radja Band tersebut, berjalan tertib dan ditutup dengan doa oleh Amien Rais.

Pembangunan Gedung Dakwah Muhammadiyah sudah 68 %.

0 komentar

Padang, SSFM

Pembangunan gedung dakwah muhammadiyah yang berlokasi di Jl. Sawahan No. 62 Padang sudah mencapai 68 %. Menurut rencana, pembangunan gedung dakwah yang dikerjakan oleh PT. Vandino Karya Perkasa tersebut akan selesai pada akhir April 2009 ini, namun karena terjadi keterlambatan memulai kerja dan perubahan struktur fondasi, sehingga pelaksanaan target mundur menjadi sekitar tanggal 22 Mei 2009.

Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Barat, Drs. H. Adrian Muis Chatib Saripado menyebutkan, Pembangunan Gedung Dakwah ini nantinya akan sangat mendorong kemajuan dakwah Muhammadiyah di Sumatera Barat, Kota Padang khususnya. Muhammadiyah akan mengembangkan jaringan dakwah yang lebih leluasa dan menerapkan dakwah modern. Dakwah Muhammadiyah ini akan berbasis Informasi Teknologi (IT) dan bisa memantau aktifitas dakwah Muhammadiyah di seluruh penjuru Sumatera Barat.

Bagi warga yang ingin mendonasikan dananya untuk kepentingan dakwah Muhammadiyah ini bisa melalui rekening bank Muamalat cabang Padang dengan nomor rekening 421.0519222.

BPR Nurul Barokah Revitalisasi Permodalan

0 komentar

Padang Pariaman, SSFM

Dalam rangka meningkatkan kinerja dan profesionalisme sebuah lembaga keuangan mikro, BPR
Nurul Barokah melakukan revitalisasi permodalan. Badan Usaha Milik Muhammadiyah yang berada di Jl. Jendral Sudirman No.40 Lubuk Alung tersebut menyampaikan surat edaran kepada seluruh pemegang saham untuk melakukan penambahan permodalan.

Menurut penjelasan dari Direktur Utama BPR Nurul Barokah, Drs. H. Armyn Amir. MBA, saat ini BPR Nurul Barokah sudah memiliki modal Rp. 800 juta-an dan ditargetkan akhir tahun modal ini akan bertambah menjadi Rp. 1M sehingga operasional BPR ini bisa pindah ke ibukota propinsi, yaitu di Kota Padang.

Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Barat, Drs. H. Adrian Muis Chatib Saripado mengharapkan dan terus mendukung agar seluruh pemegang saham lebih bekerja keras lagi dalam upaya meningkatkan permodalan BPR, sehingga BPR ini bisa memberikan manfaat lebih terhadap warga secara keseluruhan.

PKS Kampanye Akbar.

0 komentar

Padang, SSFM

Memasuki hari kedua kampanye akbar pemilu 2009, giliran Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengadakan Kampanye Akbar. Kampanye Akbar PKS ini diadakan di RTH Imam Bonjol Padang. RTH Imam Bonjol yang dipadati oleh ribuan kader PKS tersebut penuh oleh atribut PKS.

Dalam kesempatan itu juga hadir walikota padang, Fauzi Bahar, MSi dan wakil walikota Padang Mahyeldi A, SP. Sedangkan dari DPP PKS juga hadir Tifatul Sembiring, Presiden PKS. Dalam orasinya Tifatul Sembiring mengajak seluruh kader untuk melakukan perubahan dari sekarang dan dari diri sendiri. Bentuk perubahan itu adalah memilih PKS nomor 8 pada tanggal 9 april 2009 mendatang.

IMM Sumbar Gelar Tabligh Akbar

0 komentar

Padang Panjang, SSFM
Dalam rangka Milad Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah yang ke-45 tingkat Sumatera Barat, Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) Sumatera Barat menggelar acara Tabligh Akbar dan Silaturrahim IMM Sumatera Barat. Acara yang mengambil tema, “IMM, 45 Tahun berkiprah Untuk Indonesia Berdikari” tersebut akan dipusatkan di Kompleks Diniyah Putri Kota Padang Panjang pada hari Sabtu 21 Maret 2009.

Ketua Umum DPD IMM Sumatera Barat, Immawan Deri Rizal, menjelaskan, bahwa dalam acara tersebut dipastikan akan hadir kader-kader IMM dari Pimpinan Cabang IMM se-Sumatera Barat. PC IMM Kota Padang, PC IMM Kota/Kab Bukittinggi/Agam, PC IMM Kota Padang Panjang, PC IMM Kota/Kab Pariaman/Padang Pariaman, PC IMM Kota/Kabupaten SOlok, PC IMM Kabupaten Tanah Datar, PC IMM Kabupaten Pesisir Selatan, PC IMM Kabupaten Dharmasraya, PC IMM Kabupaten Pasaman dan PC IMM Kabupaten Pasaman Barat.

Pada hari Ahad tanggal 22 Maret 2009nya akan digelar acara Focus Group Discussion dengan tema. “ Refleksi 45 tahun IMM Sumatera Barat”. Acara ini digelar di Kompleks perguruan Kauman Padang Panjang.

IMM Solok Adakan Spritual Motivation Teaching

0 komentar


Solok, SSFM
Dalam rangka mempersiapkan tenaga pendidik menjelang pelaksanaan UAN 2009, Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM ) Kota Solok mengadakan pelatihan Spritual Motivation Teaching untuk guru-guru dan mahasiswa di Kota Kabupaten Solok. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Ahad 15 Maret 2009 di Aula Solok Sakato SMEA Kota Solok. Acara yang dihadiri oleh 180 peserta tersebut dimulai pukul 08.00 Wib hingga pukul 16.00 Wib.

Dalam memberikan pelatihan ini, PC IMM Kota Solok bekerja sama dengan lembaga training Qualitan Kota Padang dan menghadirkan Trainer Nasional Ir. Zulfiandri, MSi, penulis buku Qualitan Teaching, cara cerdas menjadi guru yang mencerahkan.

Dalam kuisioner yang diisikan oleh peserta, mereka menyatakan puas mengikuti pelatihan ini dan menghendaki adanya pelatihan lanjutan untuk lebih menambah bekal bagi mereka dalam menjalankan tugas sebagai seorang guru. Menyikapi hal ini, Ketua Umum PC IMM Kota Solok, Immawan Diki Asnur menjelaskan, bahwa akan diadakan acara pelatihan lanjutan pasca UAN nanti. Bagi guru-guru yang masih berminat atau guru-guru yang belum sempat mengikuti kemarin, bisa mengikutinya kembali.

PP Muhammadiyah Kedatangan Korban Lumpur Lapindo

0 komentar

Jakarta - Muhammadiyah.or.id

Sekitar seratus orang lebih korban Lumpur Lapindo mendatangi gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah di jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, Senin malam (16/03/2009). Mereka merupakan utusan dari ribuan korban Lumpur Panas Lapindo.


Di aula gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah mereka kemudian bertemu langsung dengan Din Syamsuddin, Ketua Umum PP Muhammadiyah. Sambil mengeluarkan air mata, salah seorang korban Lumpur Lapindo menyampaikan keinginannya untuk meminta bantuan Din Syamsuddin agar dapat dipertemukan dengan Presiden, guna menyampaikan tertundanya kembali ganti rugi.


Sebelumnya para korban Lumpur Lapindo ini sudah berencana akan melakukan unjuk rasa di Jakarta, namun batal karena berbenturan dengan jadwal aksi Guru Honorer. Sehingga sudah seminggu ini para korban Lumpur Lapindo terlunta-lunta gagal bertemu presiden. Rencananya mereka akan menagih janji Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terkait Perpres no.14 tahun 2009 mengenai pemenuhan ganti rugi pembayaran 20 persen dan 80 persen. Dalam Perpres tersebut disebutkan bahwa ganti rugi tersebut kemudian menjadi proses transaksi jual beli antara pihak PT Lapindo dengan korban Lumpur lapindo. Dimana uang muka sebesar 20 pesrsen akan dibayarkan pada tahun 2007, dan sisanya sebesar 80 persen akan dibayarkan paling lambat hingga bulan Februari tahun 2009 kemarin.


Namun hingga pertengahan Maret ini menurut pengakuan korban Lumpur Lapindo tuntutan tersebut belum terpenuhi. Bahkan banyak diantara mereka mengaku bahkan belum menerima pembayaran uang muka yang sebesar 20 persen.


Setelah mendengarkan aspirasi korban Lumpur Lapindo, Din Syamsuddin, mengungkapkan akan berusaha menyampakan aspirasi mereka agar bisa dipertemukan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono guna penyelesaian tuntutan pembayaran ganti rugi.

ISEM Adakan Temu Alumni

0 komentar

Padang, SSFM
Ikatan Sarjana Ekonomi Muhammadiyah (ISEM) menggelar temu alumni. Acara ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 14 Maret 2009 di Kafe Omaiah, Jalan Proklamasi Padang. Pada acara yang dihadiri oleh sekitar 80-an alumni tersebut juga dihadiri oleh Pembantu Rektor II Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat(UMSB), ZUlmardi, MSi, Dekan Fakultas Ekonomi UMSB, Sumarno, SE. MM, dan Ketua DPRD Sumatera Barat periode 1999-2004, Drs. H. Arwan Kasri, MS. Sedangkan ketua ISEM sendiri, H. Yusman Kasim, dikabarkan dalam kondisi kurang sehat, sehingga tidak bisa hadir.

Pada kesempatan tersebut, wakil ketua ISEM, Syofyan B. Amran, juga memperkenalkan caleg-caleg dari keluarga besar ISEM UMSB. Mereka adalah Syofyan B Amran caleg DPRD Sumbar no urut 4 dari PMB, Sudarti Rasul adalah caleg DPRD Sumbar no urut 2 dari PBR, VisdA Rasyid caleg DPRD Sumbar No Urut 5 dari PAN, Apriwati caleg DPRRI dari PDK no urut 4, Syahrial P caleg DPRD Kota Padang no urut 1. Sedangkan ibu Anis Yusman, sebagai caleg DPRRI dari partai PPP tidak bisa hadir.

Menurut Sumarno, SE. MM, alumni FE UMSB sudah berjumlah 1023 dan tersebar di berbagai instansi dan pemerintahan. Jika alumni ini disatukan dalam wadah ISEM, maka akan menjadi sebuah kekuatan untuk kemajuan persyarikatan Muhammadiyah dan Universitas.

Karena masa kepengurusan ISEM akan berakhir November 2009, maka pada kesempatan itu juga sudah dipilih panitia muyawarah besar dan rapat kerja ISEM yang akan digelar di Kota Bukittinggi. Terpilih sebagai ketua panitia adalah H. Hasrizal, SE dibantu oleh wakilnya Tabrani, SE.