Halaman

Penunjuk Waktu Muktamar, Yang Sering Tak Tepat Waktu

0 komentar


Yogyakarta- Pimpinan Pusat Muhammadiyah mempunyai penunjuk atau penghitung waktu mundur (Count down timer) menuju hari H Muktamar Muhammadiyah ke-46. Penghitung waktu mundur tersebut terletak di halaman PP Muhammadiyah Jl. Cik Ditiro, Yogyakarta, yang dipasang mulai saat launching Muktamar bulan Juli tahun lalu.

Ada yang menarik dari Count Down Timer tersebut, Menurut keterangan dari satpam yang bertugas di PP Muhammadiyah Sulistyo, alat tersebut sering sekali salah dalam memperlihatkan angka hitung mundur hari pelaksanaan Muktamar Seabad Muhammadiyah.

“Pernah mati, pernah berhenti di angka yang sama, sampai-sampai angka yang tercantum pernah berjalan maju bukan malah mundur,” jelasnya. Menurut Sulistyo, hal tersebut sering dikomunikasikan dengan teknisi dari pemerintah kota Yogyakarta, sebagai penanggung jawab apabila ada pemasalahan teknis, tetapi setiap kali selesai dibetulkan, tidak berapa lama akan kembali bermasalah.

Masalah kedua menurut Sulistyo adalah mengenai seringnya pemadaman listrik dari PLN yang akhirnya berimbas pada matinya Count Down Timer, “Mati lampu adalah salah satu hambatan atau kendala yang membuat penunjuk waktu mundur (Count down time), karena ketika menyala kembali, tidak secara otomatis tampil angka hitungan yang terakhir muncul ketika sebelum listrik padam. “Jika hal itu terjadi maka diperlukan teknisi untuk menangani nya sehingga Count down timer tersebut dapat bekerja atau berjalan kembali,” jelasnya.

Membingungkan

Sepanjang pengamatan tim News Muktamar, Count Down Timer tersebut sedikit agak membingungkan masyarakat awam yang melihat, karena tidak ada keterangan hitung mundur dari angka besar yang terbingkai box berwarna hijau. Hanya terlihat angka besar, dan tulisan Muktamar 1 Abad Muhammadiyah serta logo Muktamar diatasnya, serta angka kecil petunjuk waktu lokal, serta tertulis dibawahnya. Menurut salah satu pengendara yang melintas di depan gedung PP Muhammadiyah David, awalnya tidak memahami arti dari angka-angka yang tampil di Count Down Timer, dan baru menyadari setelah mendapat informasi dari kawannya.

Hari ini Count Down Timer tersebut menunjukkan angka 16, yang artinya 16 hari lagi menuju pembukaan Muktamar pada tanggal 3 Juli 2010 nanti, semoga dengan seiring lancarnya Count down timer yang terpasang, maka akan lancar juga pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah, ‘Aisyiyah, dan IPM nanti. Amiiin. (mac)

www.seabadmuhammadiyah.com