Halaman

Sang Pencerah, Mahakarya Hanung Bramantyo

0 komentar

Yogyakarta- Film mengenai sosok Kyai Haji Ahmad Dahlan tidak lama lagi akan segera dibuat, dan rencananya pada awal Juli 2010, atau tepatnya pada Muktamar ke 46 Muhammadiyah akan menjadi launching awal film yang diakui akan menjadi mahakaya sang sutradara Hanung Bramantyo.

Dalam kenferensi pres di sekretariat Muktamar, Baciro, Yogyakarta, Rabu (25/11/2009), Hanung menjelaskan, film mengenai Ahmad Dahlan ini merupakan impianya sejak bangku SMA sewaktu di bangku SMA Muhammadiyah I Prambanan dengan memulai membuat teater, selanjutnya ketika hijrah ke Jakarta, ada keinginan untuk membuat film pendek tetapi sampai Hanung menghasilkan berbagai film seperti Brownies, Get Married, Ayat-Ayat Cinta,Doa yang Mengancam, hingga Perempuan Berkalung Sorban, keinginan tersebut tidak pernah terlaksana. Baru akhirnya tahun lalu Hanung mengungkapkan, mulai melakukan riset mengenai sosok KHA Dahlan dengan meng-hunting buku-buku Ahmad Dahlan, serta mewawancarai keluarga Ahmad Dahlan, serta Sejarawan demi kepentingan film tersebut .



Selanjutnya Hanung mulai mengenalkan konsep film ini pada produser, guna bekerjasama dalam memproduksi film mengenai Ahmad Dahlan, dan akhirnya MVP Pictures menyanggupi dalam penggarapan film yang diberi judul Sang Pencerah tersebut. Sementara itu dari pihak MVP pictures melihat, besarnya dana, riset yang panjang, banyaknya pemain yang akan digunakan, serta kiinginan kuat sang sutradara, membuat film ini merupakan mahakarya tersendiri bagi Sutradara. Menurut Saskia Mecca yang juga sekaligus koordinator casting dalam film tersebut, rencananya film Sang Pencerah akan dibuat kolosal dengan melibatkan 43 pemeran utama, dan lebih dari 300 orang figuran, yang untuk pemeran utamanya beberapa akan diisi oleh aktor dan aktris kawakan. (mac)

www.muhammadiyah.or.id