Halaman

PP Muhammadiyah Kedatangan Korban Lumpur Lapindo

0 komentar

Jakarta - Muhammadiyah.or.id

Sekitar seratus orang lebih korban Lumpur Lapindo mendatangi gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah di jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, Senin malam (16/03/2009). Mereka merupakan utusan dari ribuan korban Lumpur Panas Lapindo.


Di aula gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah mereka kemudian bertemu langsung dengan Din Syamsuddin, Ketua Umum PP Muhammadiyah. Sambil mengeluarkan air mata, salah seorang korban Lumpur Lapindo menyampaikan keinginannya untuk meminta bantuan Din Syamsuddin agar dapat dipertemukan dengan Presiden, guna menyampaikan tertundanya kembali ganti rugi.


Sebelumnya para korban Lumpur Lapindo ini sudah berencana akan melakukan unjuk rasa di Jakarta, namun batal karena berbenturan dengan jadwal aksi Guru Honorer. Sehingga sudah seminggu ini para korban Lumpur Lapindo terlunta-lunta gagal bertemu presiden. Rencananya mereka akan menagih janji Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terkait Perpres no.14 tahun 2009 mengenai pemenuhan ganti rugi pembayaran 20 persen dan 80 persen. Dalam Perpres tersebut disebutkan bahwa ganti rugi tersebut kemudian menjadi proses transaksi jual beli antara pihak PT Lapindo dengan korban Lumpur lapindo. Dimana uang muka sebesar 20 pesrsen akan dibayarkan pada tahun 2007, dan sisanya sebesar 80 persen akan dibayarkan paling lambat hingga bulan Februari tahun 2009 kemarin.


Namun hingga pertengahan Maret ini menurut pengakuan korban Lumpur Lapindo tuntutan tersebut belum terpenuhi. Bahkan banyak diantara mereka mengaku bahkan belum menerima pembayaran uang muka yang sebesar 20 persen.


Setelah mendengarkan aspirasi korban Lumpur Lapindo, Din Syamsuddin, mengungkapkan akan berusaha menyampakan aspirasi mereka agar bisa dipertemukan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono guna penyelesaian tuntutan pembayaran ganti rugi.