Halaman

UMY dan Bawaslu Ciptakan KKN Tematik

0 komentar

Yogyakarta- Muhammadiyah.or.id

Proses pemantauan jalannya agenda pemilihan umum (Pemilu) saat ini bukan menjadi tanggung jawab Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) semata, namun juga merupakan bagian dari kebutuhan masyarakat dalam mewujudkan Pemilu yang jujur, adil, terbuka, dan mandiri. Oleh karenanya, masyarakat sudah saatnya turut berpatisipasi aktif dalam pengawasan Pemilu 2009 mendatang.

Hal tersebut dikemukakan Ketua Program KKN Tematik UMY Pengawasan Partisipatif Pemilu, Nanik Prasetyoningsih, S.H., M.H dalam “Workshop dan Training Of Trainer KKN Tematik UMY Pengawasan Pemilu”, Selasa (17/03/2009) malam di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta.

Sebagai pribadi yang nantinya menjadi bagian dari masyarakat, Nanik mengungkapkan, mahasiswa dituntut untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan yang melibatkan masyarakat, termasuk diantara kegiatan tersebut adalah Pemilu. Dalam KKN Tematik ini, mahasiswa akan menjadi mitra Pengawas Pemilu Lapangan dengan melakukan pencatatan kejadian yang mereka temui sebelum, saat, dan sesudah pemilu legislatif 2009 mendatang.

Nanik menambahkan selama ini tugas yang diemban Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) dinilai cukup berat mengingat mereka harus melakukan pengawasan pemilu ke banyak area, termasuk di banyak Tempat Pemungutan Suara (TPS. Untuk itu, dengan KKN Tematik, mahasiswa diharap mampu mendampingi PPL dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawas. (mac)